Jumat, 08 Juli 2011

PELUANG USAHA BISNIS WARNET DAN ONLINE GAME



Bisnis Warnet merupakan salah satu bisnis yang paling digemari orang saat ini, bisnis ini memiliki keahlian khusus di bidang komputer dan internet. Namun bagi pemilik modal besar tanpa keahlian apapun sudah bisa berbisnis warnet. Tinggal bayar orang ahli selesai. Disamping itu, bisnis ini termasuk bisnis dengan management yang cukup gampang sekali! Sehingga pemilik modal tidak tersita waktunya untuk mengurus bisnis ini! Anda tertarik berbisnis warnet? Lihat contoh perhitungan berikut ini: 






BISNIS INI DAPAT MENGHASILKAN KEUNTUNGAN 1 JUTA RUPIAH PERHARI 








Agar bisnis anda dapat berjalan dengan baik maka anda harus mengetahui strategi berikut ini:





4P Dalam Mengelola Warnet







Product Price Place Promotion



Prinsip pemasaran adalah bagaimana kita menganalisa kebutuhan pelanggan
dan membuat keputusan yang bisa memuaskan pelanggan kita lebih dari para
pesaing dan berujung kepada terjadinya transaksi penjualan yang lebih
baik pula.



Mengelola sebuah warnet dibutuhkan konsentrasi dan kiat kiat manajemen
agar usaha kita dapat bersaing dan memperoleh keuntungan yang optimal.
4P adalah sebuah istilah dalam ilmu manajemen yang juga dikenal dengan
istilah Marketing Mix. 4P yang dimaksud di sini adalah:



* Product

* Price

* Place

* Promotion




Setiap pengusaha warnet harus mampu mengelola secara optimal unsur unsur dalam 4P tersebut.



Product


di Warnet, produk utama kita tentunya adalah layanan koneksi internet.
Dalam memasarkan produk ini tentunya kita dituntut untuk bisa memberikan
warna yang berbeda dari saingan saingan kita yang notabene punya produk
yang sama. Kita sebenarnya bisa mencontoh persaingan di operator
seluler. Operator seluler boleh dibilang cuma punya sedikit produk yang
utama: komunikasi suara dan teks. Namun coba perhatikan, begitu
kreatifnya operator seluler membuat derivatif produk sehingga masyarakat
bisa memilih berbagai jenis produk hanya dari satu operator saja.



Apa yang membedakan produk kita dengan warnet tetangga? Jika tidak ada
usaha untuk membuat variasi produk, maka jelaslah jualan kita tidak
punya keunggulan sama sekali. Kita harus berusaha menganalisa kebutuhan
pelanggan, pasar yang belum tergarap untuk membuat sebuah varian produk
yang pada akhirnya menyasar pasar tertentu.



Price

Setelah kita memiliki produk, maka konsentrasi berikutnya adalah
mengelola harga jual. Maaf saja kalau saya katakan pengusaha pengusaha
warnet umumnya adalah pengusaha miskin inovasi dan cuma berkutat di
perang harga. Kemiskinan inovasi ini bisa kita lihat dari model
pentarifan yang statis dan hampir tidak pernah berubah. Padahal harga
adalah variabel yang bisa kita mainkan.



Memainkan variabel harga akan menunjang varian produk. Katakanlah: ada
harga khusus buat member/anggota, harga khusus pelajar, harga khusus
bagi mereka yang mengakses lebih dari sekian jam, harga khusus buat
mereka yang datang berkelompok :-) .



Harga khusus tidak selalu berarti pemotongan harga. Pernahkah anda
mengeksplorasi kemungkinan kemungkinan ini? Apakah anda membedakan
harga antara jam ramai dan jam sepi? antara hari ramai dan hari sepi?
antara bulan ramai dan bulan sepi?



Place

Pemilihan tempat hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sedang berencana
untuk mulai berbisnis warnet. Jika mereka yang sudah berjalan, maka
tempat sudah merupakan hal yang tidak bisa di utak atik lagi dari sisi
posisi. Yang bisa kita optimalkan adalah sisi kenyamanan. Sebuah
warnet tidak perlu mewah untuk menjadi nyaman. Kebersihan dan
kerapihan adalah faktor yang penting. Hal hal kecil seperti rajin
membersihkan keyboard, mouse dan layar bisa jadi membantu meningkatkan
posisi warnet di mata pelanggan. Cobalah berpikir sebagai pelanggan
pada saat-saat tertentu dan rasakan apakah warnet kita cukup memberikan
kenyamanan bagi pelanggan kita?



Dalam persaingan warnet yang ketat, sebuah kelebihan kecil bisa memberikan kita keunggulan dalam bersaing.



Promotion

Jika ketiga “P” di atas sudah kita kelola dengan baik maka untuk
optimalisasi terakhir: lakukanlah promosi. Sebab bagaimana bisa warnet
anda dikenal oleh pelanggan tanpa di promosikan. Promosi pun harus
mampu menuju pasar yang kita target. Salah satu trik promosi yang
sering saya lihat dilakukan oleh warnet adalah dengan memajang
besar-besar tulisan “the fastest internet”. Ini bukanlah trik promosi
yang baik. Dengan kondisi kecepatan dan lebar akses yang hampir sama,
semua warnet bisa mengaku yang tercepat, ini bagaikan iklan kecap,
semuanya mengaku no. 1.



Jadikanlah Product, Price dan Place sebagai dasar promosi. Jika koneksi
internet yang anda gunakan termasuk istimewa, jadikanlah sebagai sebuah
kejutan bagi pelanggan anda.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar